banner here

Ini 6 Cara Merawat Furnitur Berjenis Kayu

- 00.37
advertise here
Hampir di setiap rumah atau hinuan pasti memiliki furnitur, baik itu berbahan kayu atau lainnya. Yang ninja mau bahas disini adalah tentang furnitur berbahan kayu, terlebih dalam hal perawatannya. Kalau kamu punya furnitur berbahan jenis kayu atau bahkan baru saja membelinya, kamu harus simak ini sampai selesai.

Sumber Gambar : www.woodnexus.com

Siapa sih yang gak mau memperindah rumah atau huniannya? dengan memiliki furnitur berbahan jenis kayu adalah salah satu cara memperindah rumah. Karena dengan adanya furnitur berbahan jenis kayu dapat semakin menambah kesan etnik dan tentu juga membuat suasana rumah semakin sejuk. Tapi gimana sih cara merawat furnitur berbahan jenis kayu ini? Berikut 6 Cara Merawat Furnitur Kayu :

1. LETAKKAN DI TEMPAT BERSUHU NORMAL ATAU KERING
Peletakan yang salah dapat membuat furnitur kayu kamu cepat rusak. Contohnya furnitur yang letaknya terkena suhu panas dan dibiarkan secara terus-menerus ini dapat membuat kayu menjadi kering dan menyusut loh. Sehingga akan menimbulkan retakan - retakan pada lapisan kayu. Ih, masa beli furnitur kayu mahal - mahal dengan niat memperindah rumah malahan jadi sebaliknya. Ayo jauhkan furnitur dari peralatan yang memancarkan panas atau tempat yang langsung terkena sinar matahari. Juga jauhkan dari udara lembab yang dapat memancing berkembangbiaknya jamur atau serangga yang juga tentunya berbahaya bagi furnitur kayu kamu loh.

2. PERLAHAN & HATI-HATI SAAT MEMINDAHKAN
Dalam memindahkan furnitur berbahan kayu dengan cara menyeret atau mendorongnya adalah kebiasaan buruk yang dapat menggores dan mengikis kayu akibat bergesekan dengan lantai. Cara yang benar adalah dengan perlahan mengangkat dari bagian penampang atau dudukannya dan tentu dengan hati-hati.

3. GUNAKAN ALAS DEMI MENCEGAH KERUSAKAN
Untuk mencegah terjadinya resiko goresan atau terkena noda yang membuat warna kayu kusam dan permukaan kayu tidak mulus lagi, tutupi saja bagian atas furnitur dengan kain taplak atau table runner. Sedangkan untuk bagian kaki-kaki furnitur, kamu mungkin bisa memberi alas dengan karpet atau kain felt.

4. SEGERA KERINGKAN AIR ATAU NODA
Jangan biarkan furnitur kayu kamu basah oleh air ataupun noda. Jika dibiarkan, noda ini akan tertinggal permanen dan merusak keindahan tekstur kayu. Cara menghilangkanya bisa dengan mengusapkan campuran pasta gigi dan baking soda atau campuran minyak goreng dan abu.

5. BERSIHKAN SECARA BERKALA
Bersihkan furnitur kayu setidaknya sebulan sekali dengan menyemprotkan cairan pelapis furnitur secukupnya pada permukaan furnitur kayu. Lalu lap dengan kain dan biarkan hingga kering. Jika perlu, kamu juga bisa melakukan finishing ulang pada furnitur kayu setiap 2-3 tahun agar tidak terlihat kusam.

6. BERSIHKAN CELAH-CELAH DENGAN KUAS/SIKAT
Furnitur kayu dapat dibersihkan dengan lap kain katun. Namun, ada kalanya jamur, debu-debu atau kotoran kecil di furnitur kayu tidak terangkat. Caranya, kita bersihkan dengan menggunakan kuas berukuran kecil dan halus atau sikat gigi untuk menjangkau bagian celah-celah furnitur. Tentunya dengan sikat gigi bekas ya, hehehe. Nanti sikat gigi yang masih dipakai untuk menyikat gigi kamu gunakan lagi. Duh, Furnitur kayu terawat, gigi kamu jadi gawat. hehehe.

Itu tadi 6 Cara Merawat Furnitur Kayu. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu yang sedang merawat furnitur kayunya. Terima kasih.
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Tulis yang kamu cari kemudian tekan enter untuk mencari...